Senin, 02 November 2015

Nutrisi Penyembuhan Patah Tulang

Nutrisi Penyembuhan Patah Tulang ,- Patah tulang membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Setelah melakukan operasi untuk menyatukan tulang kembali, pasien masih harus menunggu berbulan-bulan, bahkan tahun, agar tulang bisa kembali seperti semula.

 

Meski begitu, bukan berarti pasien patah tulang hanya bisa pasrah dan menunggu. Proses penyembuhan patah tulang juga bisa dipercepat dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Berikut adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh pasien patah tulang agar cepat sembuh, seperti dilansir oleh SFGate.

1. Kalsium
Bukan rahasia lagi bahwa kalsium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. begitu juga ketika seseorang mengalami patah tulang. Mengonsumsi kalsium yang cukup adalah hal terpenting untuk menyembuhkan patah tulang. Dokter James Balch dan Mark Strengler, penulis Prescription for Natural Cures merekomendasikan pasien patah tulang untuk mengonsumsi suplemen kalsium hingga 500 - 600 miligram setiap hari.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, kedelai, pisang, yogurt, tahu, tempe, dan lainnya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium pasien. Beberapa sayuran seperti brokoli, kale, dan sayuran lobak juga kaya akan nutrisi dan bisa dikonsumsi untuk menambah asupan kalsium setiap hari.

2. Vitamin D
Vitamin D memiliki peran penting untuk menyerap kalsium ke dalam darah dan tulang. Tanpa vitamin D yang cukup, kalsium yang ada dalam makanan dan suplemen akan sulit masuk dan diserap tubuh, sehingga hanya akan berakhir sia-sia. Untuk itu, sangat penting memenuhi asupan vitamin D dibarengi dengan kalsium.

Cara mudah mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi yang belum panas. Sinar matahari mengandung banyak vitamin D. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan melalui kuning telur, minyak ikan, atau daging ikan seperti salmon, sarden, tuna, dan lainnya. Setidaknya seseorang harus mengonsumsi sekitar 400 - 800 unit vitamin D sehari.

3. Vitamin K
Dalam artikel yang ditulis pada tahun 2012, ahli tulang di Florida menjelaskan pentingnya vitamin K untuk kesehatan tulang. Vitamin K memberikan peran penting bagi penyembuhan patah tulang. Hal ini karena vitamin K bertugas untuk memperkuat osteocalcin, komponen protein pada tulang, tanpa meningkatkan jumlah mineral dalam tulang. Proses ini akan membantu penyembuhan patah tulang dengan lebih cepat dan menurunkan risiko tulang retak.

Vitamin K bisa didapatkan melalui sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, ikan, hati, daging, dan telur. Setidaknya sehari pria membutuhkan 120 mikrogram vitamin K dan wanita membutuhkan 90 mikrogram. Meski begitu, untuk pasien patah tulang peneliti menyarankan untuk mengonsumsi vitamin K 20 persen lebih banyak dari kebutuhan orang normal sehari-hari.

4. Nutrisi lainnya
Nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan patah tulang adalah boron dan silica. Dua nutrisi ini akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam darah dan tulang. Selain itu, ada juga nutrisi lain yang meningkatkan penyerapan kalsium seperti vitamin C dan magnesium. Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang.

Itulah beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan patah tulang. Jangan hanya berdiam diri dan menunggu tulang sembuh dengan sendirinya. Dengan nutrisi di atas, tulang akan semakin cepat sembuh dan Anda pun bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar